-->

Cara Ampuh Atasi Game Lag (Patah-Patah) di PC

Cara Ampuh Atasi Game Lag (Patah-Patah) di PC | Forteknik.com


Game merupakan cara orang untuk menghilangkan stres yang dialam entah itu karena pekerjaan, Tugas yang numpuk, hubungan yang kacau dan lain-lain, tapi kadang ada sesuatu yang membuat kita malah tambah stres saat bermain game, Yah LAG, Masalah Lag saat bermain game tentunya sangat kita benci.

Tapi tenang kali ini saya ingin membagikan tips untuk mengurangi atau bahkan dapat menghilangkan lag saat kita sedang bermain. Baik sebelum kita lanjut mebahas cara mengatasi lag pada game komputer/PC atau pun laptop, ada baiknya kalau sobat tau dulu apa-apa saja yang dapat menyebabkan Game menjadi Lag. Hal yang menyebabkan Lag yaitu:

Lag terjadi karena FPS (Frame rate persecond) yang dapat digapai oleh komputer dibawah standar yang seharusnya. Karena FPS minimal untuk dapat memainkan game yaitu 30 FPS, itu standar minimalnya jika sobat ingin Game berjalan lebih lancar ya FPS nya harus diatas itu misal 40-60 FPS karena banyak game yang lancar berjalan ketika FPSnya mencapau 60.

Penyebab lag sendiri ada bermacam-macam yaitu:


1. Spesifikasi Komputer/PC dibawah standar game
    Tentu hal ini berpengaruh sangat besar, jadi ingat saat sobat ingin mengistal game lebih baik perhatikan dulu standar minimal Hardware yang dibutuhkan game tersebut.

2. OS atau Sistem Operasi sobat terlalu banyak Sampah
    Sampah pada komputer memang dapat membuat game menjadi lambat, karena sampah ini jika sudah terlalu banyak juga akan membuat ruang Hardisk menjadi penuh, jadi sering-seringlah membersihkannya.

3. Driver yang jarang di-Update
    Driver yang sudah tua tentu harus kita update karena driver sangat penting untuk menjalankan hardware semaksimalnya.

4. Game yang sobat mainkan Ngebug atau ada errornya
    Nah sering juga kita jumpai hardware sudah mantap, begitupun os dan drivernya namun masih terjadi lag, jadi jika sobat mendapatkan kasus seperti ini coba cek gamenya apakah normal atau tidak karena ada kemunginan justru Gamenya sendiri yang memiliki Bug atau masalah meskipun ini jarang terjadi.


Untuk mengatasi Game Lag pada Komputer/PC ada beberapa cara yaitu:


1. Upgrade komponen hardware komputer/PC
    Tentunya kita harus melakukan Upgrade, tapi masalahnya dana untuk melakukan hal ini juga tidak sedikit, saran saya jika memang dana kurang Upgrade komponen satu-persatu saja. Nah bingung mau Upgrade apanya dulu? Jadi sebelum sobat melakukan Upgrade komponen sebaiknya cek dulu Gme sobat membutuhkan apa. Karena Game terbagi mencadi 2 jenis yaitu:


  • CPU BOUND: Game jenis ini membutuhkan Spesifikasi Processor yang tinggi, contoh gamenya seperti GTA V
  • GPU BOUND: Game jenis ini membutuhkan Spesifikasi VGA yang tinggi misalnya game Watch Dog 2
2. Update Driver menjadi Versi terbarunya
    Update driver, tentunya ini tidak kalah penting mengingat driver berguna mengoptimalkan kinerja hardware. Jadi cara mengupdate driverterbagi menjadi dua yaitu dengan cara Online dan Offline, meskipun saya lebih menyarankan untuk mengupdate driver dangan cara online. Sedikit saran lagi berdasarkan pengalaman pribadi saya saya melakukan Update driver secara online dengan menggunakan Driverpack, kenapa karena dengan cara ini sobat tidak perlu lagi mencari driver satu persatu karena dengan aplikasi ini kita dapat menginstal driver terbaru sekaligus.

3. Optimalkan Sistem Operasi 
    Saya sendiri sangat sering melakukan hal ini, karena selain berguna untuk kelancaran bermain game hal ini juga berguna agar komputer kita lebih nyaman digunakan delam kegiatan sehari-hari.

Caranya yaitu:

  • Membersihkan Temporary : terselah sobat ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun secara manual. Dengan cara menekan CTRL+R lalu Ketik "%temp%" tanpa tanda petik kemudian hapus semua isi foldernya.
  • Membersihkan registry : Selalu ingat membersihkan registry saat selesai menghapus aplikasi karena menghapus aplikasi biasanya tidak menghapus registrynya.
  • Defrag Hardisk : Ini penting mengingat defrag sendiri bertujuan untuk menata ulang data sobat agar data yang dibutuhkan oleh sistem lebih cepat untuk di eksekusi. Terserah sobat ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memakai aplikasi bawaan windows
  • Scan Virus : Mengingat Virus sangat mengganggu kinerja komputer sebab virus sendiri berjalan pada bacground Sistem Operasi, ini tentunya dapat mengakibatkan konsumsi ram menjadi sangat boros, jadi rutinlah untuk melakukan scaning dan menghapus virus yang terdeteksi
4. Melakukan Setting Grafis pada PC
    jadi usahakan mengatur garfis game sesuai kemampuan komponen agar game dapat berjalan lancar, kan percuma jika tampilan game sangat baik namun lag saat dimainkan.

5. Perhatikan kondisi Airflow pada PC/ Laptop 
    Kondisi airflow berpengaruh karena ini akan menentukan kondisi suhu hardware kita saat komputer sedang digunakan, tentunya suhu yang panas dapat membuat game menjadi lag karena jika suhu hardware melebihi batas maka komponen akan mudah stress dan akibat yang paling fatal yaitu hardware bisa-bisa menjadi rusak. Jadi perhatikan kondisi Airflow komputer/ laptop, dengan cara membersihkan lubang-lubang airflow dari debu yang menumpuk.

6. Kurangi fitur visual pada windows
   Visual style atau efek tampilan, ini sering digunakan oleh orang yang ingin mempercantik tampilan windows merekan namun ingat melakukan hal ini sangat mengkomsumsi RAM, yang efeknya memperlambat kinerja komputer.

7. Usahakan Koneksi internet stabil
    Mengingat game sekarang sudah banyak yang dimainkan secara online tentu sebelum memainkan game selain faktor diatas sobat harus memperhatikan agar koneksi internet komputer tetap stabil.

8. Overclock
    Cara ini memang ampuh untuk mendongkrak kinerja harware menjadi lebih optimal, namun cara ini kurang saya anjurkan untuk orang yang belum mengerti apa itu overclock dan cara aman dalam melakukan overclock, karena mengingat overclock yaitu membuat hardware bekerja diatas standar aman yang seharusnya.

9.Update Game 
   Ini penting karena mengupdate game ke versi terbarunya tentu dapat mengurangi Bug pada game itu sendiri.


Itu saja tips Cara Ampuh Atasi Game Lag (Patah-Patah) di PC, smoa bermanfaat untuk sobat, Jangan lupa like dan komentar agar blog ini bisa lebi baik lagi.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ampuh Atasi Game Lag (Patah-Patah) di PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel